Sunday, January 20, 2013

AWAS !! niat baik menolong orang kecelakaan berujung kematian

3 komentar

Diantara kita sering melihat kecelakaan di jalan raya dengan korban yang tidak sadarkan diri dan terkapar. Sebagian dari kita mungkin ada yang takut untuk mendekat dan hanya berani melihat dari jauh. Akan tetapi bagi anda yang segera melakukan pertolongan kepada korban, anda wajib hati-hati karena jika salah cara menolongnya maka akan memperparah cedera dari korban bahkan kematian.
Pemberian pertolongan pertama pada korban kecelakaan dengan cara yang salah bisa menyebabkan kematian dan kecacatan permanen pada korban. Oleh karena itu agar niat baik anda tidak berubah menjadi bencana, anda bisa mengikuti tips di bawah, antara lain:

Amankan lokasi dan jangan biarkan warga mengerumuni korban
Utamakan keselamatan untuk penolong, jangan sampai menambah korban baru dan jangan biarkan warga mengerumuni korban karena akan membuat udara menjadi sesak dan membuat korba sulit mendapatkan oksigen

Hati-hati dalam mengangkat korban
Jangan anda langsung mengangkat korban ke tempat aman. Perhatikan apakah ada cedera patah tulang pada tulang lehernya dengan cara meraba dengan halus apakah ada suara retakan tulang di bagian leher. Jika ada curiga patah leher anda bisa menyangga leher dengan sandal jepit yang diikatkan ke leher dan mengangkat korban bersama-sama dgn beberapa orang sehingga posisi tetap lurus. Proses pengangkatan yang sembrono pada korban yang patah leher akan menyebabkan cacat permanen dan kematian.

Pastikan apakah korban bernafas dan ada denyut jantung
Jika korban tidak bernafas, anda bisa mengecek apakah ada sumbatan di mulutnya dan apakah lidah korban jatuh menutup jalan nafas. Jika tidak ada sumbatan tetapi masih belum bernafas, anda bisa memberikan nafas batuan dari mulut. Jika tidak ada denyut jantung, anda bisa memberikan resusitasi jantung dengan cara menekan tulang dada korban secara ritmik.

Hentikan perdarahan
Jika ada darah yang keluar dengan deras dan memancar, anda bisa menghentikan perdarahan tersebut dengan menekan tempat keluarnya darah dengan kain.

Telepon rumah sakit terdekat
Segeralah telepon rumah sakit terdekat untuk meminta bantuan.
Dengan melakukan hal di atas, anda sudah berusaha menolong seseorang dengan cara yang benar. Sehingga tidak menambah penderitaan korban dan bisa menambah besar kemungkinan untuk menyelamatkan nyawa korban.

3 Responses so far

  1. BeeBekkkk says:

    satu lagi mas dhany...
    Pemberian nafas buatan bagi korban yang pingsan (khusus buat wanita)......wkwkwwkkw.
    Emang terkadang orang bnyak yang nggak tau atau malah lupa,dan mungkin panik jadi sering terjadi kesalahan dalam pertolongan..
    Info ini menambah pengetahuan..

Leave a Reply

berkomentar lah dengan semestinya.